Jualan Produk Digital, Bisnis yang Menjanjikan di Masa Pandemi

Jualan Produk Digital, Bisnis yang Menjanjikan di Masa Pandemi
Jualan produk digital menjadi favorit di masa pandemi karena produk digital mempunyai tidak perlu melakukan stok dan tidak perlu melakukan pengiriman.

Jualan Produk Digital, Bisnis yang Menjanjikan di Masa Pandemi – Krisis akibat datangnya virus COVID-19 yang terjadi sejak 2 Maret 2020 silam telah memberikan dampak yang signifikan khususnya di bidang bisnis dan ekonomi. Namun, di balik keganasan pandemi tersebut, masih ada sektor-sektor bisnis yang bertahan bahkan berkembang.

Salah satu yang sedang populer saat ini adalah jualan produk digital. Bisnis ini menjadi favorit beberapa kalangan karena dianggap sangat menguntungkan.

Apa Itu Produk Digital?

Produk digital adalah produk yang berupa file yang bisa kita simpan di media penyimpanan komputer ataupun cloud. Contoh umum produk digital antara lain e-book, musik, gambar dan video.

Apa Keunggulan Produk Digital Dibandingkan Produk Fisik?

Baik produk fisik maupun produk digital harus melalui proses pengadaan barang baik itu melalui produksi maupun pembelian. Perbedaannya produk digital tidak perlu mengulangi tahapan ini. Ya, produk digital hanya melalui satu kali pengadaan barang, karena yang dijual dari produk digital adalah salinannya, jadi produknya tidak akan habis selama filenya tidak terhapus.

Selain pengadaan barang, produk digital punya keunggulan yang lain yaitu pada tahap delivery atau pengiriman barang. Produk digital bisa dikirimkan langsung baik melalui e-mail maupun melalui website dengan sistem membership. Jadi tidak memakan waktu dalam pengiriman ke konsumen.

Bagaimana Cara Memiliki Produk Digital untuk Bisa Dijual?

Memiliki produk digital bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan cara membuatnya dan dengan cara membeli produk yang mempunyai lisensi jual ulang.

Membuat sendiri produk digital tentu memakan waktu dan juga tenaga. Bahkan jika tidak dipersiapkan dengan matang bisa jadi tidak laku dipasaran. Membuat produk digital ini perlu riset pasar tentang produk digital yang laku atau dinginkan. Jika sudah jadi pun kita harus membuat bahan promosi yang relevan dengan produk dan pasar kita.

Cara kedua adalah dengan membeli produk digital yang sudah jadi dan memiliki lisensi jual kembali. Bagusnya kita tidak perlu susah-susah membuatnya, bahkan kelengkapan promosi untuk menjual kembali produknya sudah disiapkan oleh creatornya. Jadi kita hanya perlu mempromosikan dan menjualnya ke target pasar yang membutuhkan.

Apa Saja Produk Digital yang Sering Dicari?

Produk digital yang populer dan masih sering dicari sampai saat ini antara lain template desain promosi, template landingpage, dan ecourse (kelas online).

Di Mana Kita Bisa Mendapatkan Produk Digital yang Bisa Dijual Kembali?

Banyak website yang menjual produk digital dengan lisensi jual kembali, salah satunya adalah Kliklaman.com. Website ini menyediakan produk digital dengan berbagai lisensi yang bisa dijual kembali. Contohnya:

 

  1. Bundle EZ Template, bundle 12 produk template promosi dengan berbagai kebutuhan, mulai dari promosi Facebook, Instagram dan landing page website.
  2. Pixa Moment, 200 undangan digital berupa video animasi dengan tema pernikaha, aqiqah, wisuda dan ulang tahun.
  3. Wedding Page, 50 undangan digital berbasis json landing page yang bisa diedit dengan elementor.
  4. Wedding Suite, 105 undangan digital khusus untuk undangan pernikahan dengan 3 ratio, square, landscape dan portrait.
Itulah beberapa informasi yang bisa anda jadikan referensi dalam memahami bisnis produk digital, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *